[TIPS] Jangan Buang Uang untuk Suplemen Kolagen

by - August 16, 2017


Hi, Indonesians!

Kali ini aku mau bahas tentang suplemen mengandung kolagen, yang mana ia dikonsumsi baik itu dimakan maupun diminum. Suplemen tersebut makin hari makin banyak dijual bebas dengan berbagai merek dan sejuta klaim yang katanya bermanfaat untuk kecantikan dan menjaga keremajaan kulit.

Produk-produk semacam biasanya diklaim dapat meningkatkan produksi kolagen alami, mempercepat proses peremajaan sel pada kulit, menjaga kekencangan kulit, mengurangi keriput, meningkatkan elastisitas kulit, dan lain-lain.

Tapi tahukah kalian kalo klaim-klaim suplemen kolagen di atas sebenarnya SCAM/HOAX?

Dr. Peter A. Aldea yang merupakan dokter spesialis bedah plastik domisili Memphis, Amerika Serikat mengatakan bahwa suplemen-suplemen sejenis di atas bisa dianggap sebagai PENIPUAN.

Kenapa?

Karena kolagen hanyalah rantai protein yang bilamana ketika suplemen mengandung kolagen dikonsumsi dan DICERNA oleh tubuh, zat kolagen diubah dan dipecah menjadi protein-protein yang lebih kecil seperti asam amino dalam proses pencernaan.

Photo credit to Oldways Preservation & Exchange Trust

Manfaatnya sebagai zat kolagen yang utuh pun HILANG, meski protein sendiri memiliki fungsi untuk membantu pembentukan sel baru.

Tapi dengan harga suplemen kolagen yang mahal, mending langsung aja mengkonsumsi makanan lain yang tinggi protein dan tinggi asam amino — ikan laut dalam seperti salmon atau ikan cod contohnya. Karena toh, waktu dicerna juga sama aja.

Sebenarnya zat kolagen sendiri bermanfaat untuk kulit seperti di atas, tetapi HANYA ketika kolagen itu kolagen alami yang diproduksi dalam tubuh kita. Jadi, jangan buang-buang uang buat beli suplemen-suplemen mengandung kolagen yang beredar di pasaran ya! Mending beli sashimi salmon aja, lebih enak juga 😋😂

Buat yang tertarik baca lebih jauh, bisa buka:

Got any questions and/or suggestions?
Kindly share them in the comment section below ♡

You May Also Like

0 comments

Follow our Instagram: @theindonesianskin